Selasa, 17-09-2024
  • Selamat Datang di SMP Negeri 3 Bangkalan, Sekolahnya Maju .... Warganya Bahagia ...

Bilangan Bulat dalam Matematika

Diterbitkan :

Bilangan bulat adalah sebuah bilangan yang tidak berupa bilangan desimal atau berupa bentuk pecahan. Bilangan bulat terdiri atas bilangan asli atau bilangan positif, bilangan nol, dan lawan dari bilangan asli yang juga lazim disebut dengan bilangan negatif.

Selain itu, bilangan bulat dapat juga diartikan dengan sebuah bilangan yang memiliki bentuk yang abstrak dan bilangan tersebut dapat ditambah, dikurangi, dan dikalikan dengan bilangan yang lainnya.

Jenis Bilangan Bulat

Berdasarkan pengertian dari bilangan bulat di atas, maka bisa disimpulkan jika terdapat tiga jenis bilangan bulat yang dikenal dalam mata pelajaran matematika.

Yakni bilangan bulat asli atau positif, bilangan bulat nol, dan bilangan bulat lawan bilangan asli atau bilangan bulat negatif. Berikut penjelasannya!

1. Bilangan bulat positif
Bilangan bulat positif adalah semua bilangan asli yang memiliki nilai positif.

Dalam garis bilangan, bilangan bulat positif berada di sebelah kanan bilangan bulat nol (0). Semakin ke kanan atau menjadi dari angka nol (0) maka nilainya akan semakin besar.

2. Bilangan bulat nol
Bilangan bulat nol adalah bilangan bulat di mana bilangan tersebut tidaklah memiliki nilai atau juga jamak disebut dengan bilangan kosong yang dilambangkan angka nol (0).

3. Bilangan bulat negatif
Jenis bilangan bulat yang terakhir adalah bilangan bulat negatif. Bilangan bulat negatif adalah semua bilangan bulat yang memiliki nilai negatif.

Sementara dalam garis bilangan, bilangan bulat negatif berada di sebelah kiri bilangan bulat nol (0). Semakin ke kanan menjauh dari angka nol (0), justru nilai dari bilangan bulat negatif ini akan semakin kecil.

Selain bisa dinyatakan dengan tanda minus (-) yang terletak di depan angka, bilangan bulat negatif ini juga bisa dinyatakan dengan kata-kata untuk menunjukkan status dari bilangan tersebut.

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan

Info Sekolah

UPTD SMP NEGERI 3 BANGKALAN

NSPN : 20531207
Jl. Letnan Sunarto No.13, Pangeranan, Kec. Bangkalan, Kab. Bangkalan Prov. Jawa Timur
TELEPON (031) 3095143
EMAIL Smpn3bkl@gmail.com
WHATSAPP +62-85335091991