Kamis, 19-09-2024
  • Selamat Datang di SMP Negeri 3 Bangkalan, Sekolahnya Maju .... Warganya Bahagia ...

Notasi Himpunan

Diterbitkan :

Pada dasarnya, istilah “himpunan” ini memiliki notasi tanda khusus, yakni berupa tanda kurung kurawal seperti { }. Biasanya, himpunan ini juga akan diberi nama menggunakan huruf kapital, misalnya A, B, C, X, dan lainnya. Sementara penggunaan huruf kecil digunakan untuk mengayakan anggota himpunan.

Keanggotaan dari suatu himpunan dinyatakan dengan lambang berupa , yang dibaca sebagai “anggota dari”. Sementara itu, untuk menyatakan anggota yang bukan termasuk pada himpunan, maka akan dinotasikan dengan lambang  yang dibaca “bukan anggota dari”.

Contoh: Terdapat suatu himpunan A yang mana didefinisikan sebagai himpunan warna pelangi. Jawaban yang benar mengenai himpunan A adalah jingga, merah, biru, hijau, kuning, nila, dan ungu. Nah, dari pernyataan tersebut, dapat dinotasikan berupa: Himpunan A = {jingga, merah, biru, hijau, kuning, nila, dan ungu}

Sementara itu, pada keanggotaannya dapat dituliskan berupa:

  • Jingga ∈ A
  • Merah ∈ A
  • Hijau ∈ A
  • Kuning ∈ A
  • dst

Apabila terdapat jawaban yang menyebutkan bahwa warna hitam termasuk dalam keanggotaan A, maka jawaban tersebut jelas salah ‘kan? Maka dari dinyatakan sebagai hitam ∉ A, artinya warna hitam bukan termasuk warna pelangi alias anggota dari himpunan A.

Sumber : gramedia.com

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan

Penulis : admin

Tulisan Lainnya

Info Sekolah

UPTD SMP NEGERI 3 BANGKALAN

NSPN : 20531207
Jl. Letnan Sunarto No.13, Pangeranan, Kec. Bangkalan, Kab. Bangkalan Prov. Jawa Timur
TELEPON (031) 3095143
EMAIL Smpn3bkl@gmail.com
WHATSAPP +62-85335091991