Selasa, 18-06-2024
  • Selamat Datang di SMP Negeri 3 Bangkalan, Sekolahnya Maju .... Warganya Bahagia ...

Teorema Phytagoras, Ini Pengertiannya

Diterbitkan :

Pythagoras berasal dari nama seorang filsuf dan ilmuan matematika yang berasal dari Yunani Kuno pada masa 570-495 SM di kepulauan Samos.

Sebenarnya, Bapak Pythagoras ini bukan merupakan penemu pertama dari teorema ini. Karena teorema ini sudah digunakan sejak 1900 – 1600 SM oleh bangsa Mesir, Babilonia, dan Cina Kuno mengenai relasi antar sisi pada segitiga siku-siku. Buktinya, bangsa Mesir tidak akan bisa membangun pyramida tanpa pengetahuan tersebut, bukan?

Lalu, kenapa nama teoremanya ditetapkan dengan nama Pythagoras? Jawabannya karena Pythagoras yang membawa pengetahuan ini ke peradaban Yunani Kuno serta telah membuktikannya secara sistematis. Oleh karena itu, nama Pythagoras diabadikan sebagai nama dari teorema ini.

Nah, terus bunyi dari teorema Pythagoras sendiri itu apa ya?

Teorema Pythagoras menjelaskan hubungan atau relasi antara panjang sisi-sisi pada segitiga siku-siku. Segitiga siku-siku memiliki ciri-ciri salah satu sudut besarnya 90.

Dalil dari teorema Pythagoras berbunyi: “Kuadrat panjang hipotenusa (sisi miring) pada suatu segitiga siku-siku sama dengan jumlah kuadrat panjang sisi-sisi yang lainnya”. Secara sistematis, dapat dituliskan :

image article
Keterangan :

– c adalah hipotenusa atau sisi miring (sisi yang berada dihadapan sudut siku-siku)

– a dan b adalah sisi-sisi tegak segitiga siku-siku

Berdasarkan penjelasan di atas, teorema Pythagoras erat kaitannya dengan segitiga siku-siku. Untuk mencari panjang salah satu sisi dari segitiga siku-siku jangan lupa ingat rumus teorema Pythagoras ya!

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan

Info Sekolah

UPTD SMP NEGERI 3 BANGKALAN

NSPN : 20531207
Jl. Letnan Sunarto No.13, Pangeranan, Kec. Bangkalan, Kab. Bangkalan Prov. Jawa Timur
TELEPON (031) 3095143
EMAIL Smpn3bkl@gmail.com
WHATSAPP +62-85335091991