Komunitas belajar dalam sekolah adalah sekelompok pendidik dan tenaga kependidikan dalam satu sekolah yang belajar bersama-sama dan berkolaborasi secara rutin dengan tujuan yang jelas dan terukur. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik.
Dalam kegiatan kali ini dengan judul “Optimalisasi Pemanfaatan PMM dalam Komunitas Belajar SPENTRIBA JAYA Berbagi Praktik Baik” dengan narasumber bapak fuad fahmi, S.Pd.I dan bapak nuri kurniawan, S.Pd.
Mengapa komunitas belajar dalam sekolah sangat penting?
Komunitas belajar dalam sekolah sangat penting karena komunitas belajar menjadi wadah untuk merealisasikan terjadinya kolaborasi antar pendidik. Pendidik belajar bersama (tidak terisolasi), pendidik bersepakat tentang standar umum seperti pembelajaran yang efektif, rubrik/indikator penilaian, pendidik bersepakat bahwa pendidikan semua peserta didik adalah tanggung jawab kolektif. Dengan adanya komunitas belajar dalam sekolah, ketimpangan kompetensi antar pendidik dapat diminimalisir, sehingga peserta didik memeroleh pengalaman belajar dengan kualitas yang sama siapapun pendidiknya.
Komunitas belajar dalam sekolah wajib memastikan terjadinya 5 hal sebagai berikut:
1. Tim bekerja secara kolaboratif dan mengambil peran dan tanggung jawab bersama.
2. Menerapkan kurikulum pada setiap tahapannya.
3. Memantau pembelajaran siswa dengan proses penilaian berkelanjutan.
4. Menggunakan hasil penilaian umum untuk melatih anggota komunitas, membangun kapasitas tim komunitas, memperluas pembelajaran dengan memfokuskan pada peningkatan hasil belajar siswa.
5. Memberikan intervensi dan pengayaan yang sistematis.
Semoga PMM benar2 dapat dilaksanakan dengan qqbqikoleh guru2 di dalam komunitas belajar ini. Sehingga semua guru dapat meningkatkan kinerjanya sebagai guru untuk menciptakan pembelajaran yg baik bagi siswa-siswi nya
Beri Komentar